Pages

Saturday, August 20, 2011

Membuat Buku Tamu (Chat Box) Anda Menjadi Tersembunyi (Muncul Ketika di Klik)

Buku tamu tipe seperti ini dapat ditemui di blog saya pada button di sebelah kanan halaman web dengan tulisan "mau ngomong?" :D

Berikut akan saya bahas cara-cara pembuatannya dengan mengadaptasi teknik dari salah satu murid saya :D yang dapat diihat artikel aslinya di sini

  1. Langkah pertama, pada dashboard blogger Anda, pilih design
  2. kemudian tambah gadget baru dimana pun Anda suka (klik add new gadget)
  3. pilih HTML/JavaScript, kemudian isikan script berikut:

  4. Simpan, dan view blog Anda :)
  5. Untuk mengatur posisi, ubah atribut "top" nya
  6. Selamat mencoba

Monday, August 15, 2011

Ujian Dadakan

Masih inget pesan dari salah seorang dosen senior di jurusan Teknik Elektro UM, bahwa ujian itu tidak boleh dadakan!! Karena ujian dadakan akan memberikan tekanan psikologis kepada siswa, yang dapat mempengaruhi validitas hasil ujian. Sebuah ujian yang baik hendaknya dilaksanakan dalam kondisi peserta yang sudah siap untuk mengikuti ujian.

Namun dalam kondisi-kondisi tertentu, pelaksanaan ujian dadakan bisa memberikan keuntungan bagi siswa dan guru, selama ujian dadakan tersebut tidak ditujukan untuk mengukur kemampuan pasti dari siswa. Ujian dadakan bisa jadi membuat siswa lebih rajin belajar, dan cocok diberikan di SMK, yang notabene, siswa SMK disiapkan untuk masuk ke dunia kerja yang penuh dengan tekanan. Pelaksanaan ujian dadakan dapat membuat siswa lebih mampu menghadapi pekerjaan di bawah tekanan, dan lebih cepat mengambil keputusan. 

Kehidupan di SMK

Terus terang saya sedikit kaget ketika pertama kali merasakan mengajar di SMK. Wajar, karena saya tidak pernah sekolah di SMK, dan praktik mengajar waktu kuliah dulu juga bukan di SMK. Mungkin juga tergantung dari SMKnya, apakah termasuk "kualitas tinggi" atau tidak. Tapi, saya suka mengajar di SMK :)

Banyak hal...
Terutama mengenai ilmu yg saya dapatkan selama hampir 2 bulan mengajari di SMKN 4 Malang. Selain itu, meski anaknya lumayan sulit diatur, tapi mereka memiliki banyak keahlian yang unik, dan saya sungguh sangat bangga dengan mereka.

Sebagai alumni The Learning University, saya menyebut diri saya sebagai The Learning Teacher :D

Universitas Negeri Malang

Sepertinya kampus pendidikan yang satu ini punya setan yang sudah merasukiku selama 4 tahun, sampai2 aku terbuai dibuatnya.. hihi..



Telah banyak suka dan duka yang kurasa selama 4 tahun aku menapakkan kaki di Universitas Negeri Malang, The Learning University [kali ini blog owner agak lebay ya :p ]. Memang sudah rencana Allah bahwa aku harus menjalani pendidikan untuk menjadi guru di jurusan Teknik Elektro, dengan konsentrasi program studi Teknik Informatika. Alhamdulillah, keputusan yang kuambil 4 tahun lalu itu pas dengan bakat dan minatku. Meski dalam perjalananan menjalaninya, tetap ada ups and downs. Namun Alhamdulillah ya Allah,, akhirnya Engkau izinkan aku menyelesaikan studiku di UM.

Memang banyak kalangan yang kurang tau mengenai profil universitas yang sedang menapaki tangga untuk maju ini. Berikut sekelumit cerita yang saya ambil dari Official Website Universitas Negeri Malang

Sunday, August 14, 2011

oddee.com - A Blog on Oddities


Lucu, amazed, dan ketagihan ane dibuat oleh blog ini!! Oddee.com berkisah tentang puluhan hal yang "paling" di muka bumi. e.g. iklan paling aneh, operasi plastik paling jelek, tatto yang paling salah tempat, selebritis paling jelek, dan buanyak lagi!!

Blog ini seru dibaca kalau lagi waktu luang dan kamu ga pengen mengisinya dengan hal-hal yang serius. Di sini kamu juga bisa menemukan banyak fakta menarik yang bermanfaat loh :D cekidot gan!

Friday, August 5, 2011

Robocode Download

Robocode adalah aplikasi yang dapat mensimulasikan pemrograman robot tempur yang memiliki beberapa versi bahasa, misalnya Java, JavaScript, dan lain-lain.


Pada aplikasi Robocode ini sebuah robot merupakan object yang dapat diatur behaviournya sesuai dengan keinginan. Pengaturan behaviour dengan strategi yang tepat, dapat memungkinkan robot tersebut bertahan lebih lama di medan battle melawan robot-robot lain.

Otak atik Robocode seru bangeettt.. seandainya ada battle beneran dan berhadiah... hehehe...

Aplikasi Robocode dapat di download di sini.. Jangan lupa setup dulu JDK dan JRE yaa..

Thursday, July 14, 2011

Microsoft Visual Studio Express Edition

 

Visual Studio Express Edition adalah package untuk men-develop aplikasi berbasis VB, VC++, VC#, dan aplikasi web. Edisi Express ini gratis dan ringan, serta mudah untuk digunakan bagi pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman.

Monday, July 11, 2011